Senin, 28 Februari 2011

Pantai Ngrenehan, Nguyahan, Ngobaran || September 2010

Wilayah Kabupaten Gunung Kidul memang populer dengan pantainya yang berpasir putih, cukup menggairahkan untuk dikunjungi memang tapi karna terlalu banyak pantai dan tempatnya yang berbukit alhasil pengembangannyapun dirasa kurang maksimal, terkesan seadanya. Tapi ya nggak apalah buat penggemar petualang ato bahasa kerennya adventure, maka pantai-pantai disini justru asyik coz berkesan alami.
Hemmm target kali ini adalah pantai Ngrenehan, tempatnya terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari, mari kita obrak abrik bersama.
Seperti halnya pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul, sebelum menjamah pantai tersebut biasanya akan dihadapkan pada jalan yang berliku, sempit, menanjak, terjal, dan kadang aspal yang batunya pada berlarian. Perlu mental baja, bukan mental tempe untuk melakoni petualangan ekstrim ini, yah minimal punya SIM-lah, itung-itung sebagai warga negara yang baik, kecuali kalo SIM-nya hasil tembakan beda lagi ceritanya, serta kendaraan yang rada liar biar sekali geber langsung bablas, yang merasa banci medingan mundur aja deh, bakalan nyusahin temen yang laen tar kalo dipaksain ngikut.
Ane saranin supaya kalo bingung ditengah jalan mendingan tanya sama manusia siapa saja kalo ketemu soalnya plang penunjuk jalan kadang nggak ada, belum lagi kanan kiri jalan hutan. Tapi meski nyasar toh ntar juga tetep nyampe pantai juga kok, cuman sementara yang kita colek Pantai Ngrenehan doeloe. Satu lagi, sinyal apapun bakalan susah disini, perlu manjat gunung biar dapet kontak-kontakan, itu juga nggk jelas, kadang datang dan pergi sesuka hati, susah dibilangin pokoknya.
Pantai Ngrenehan ini berada ditengah bukit, so agak mini pantainya. Banyak juga kapal nelayan setempat yang mendarat. Sebenernya pantai ini kurang leluasa untuk berbuat ini itu, maksudnya bermain-main, tapi uniknya ombak disini nggak terlalu ganas, ya semacem kayak dipantai utara gitulah, ini memang karena kondisi pantai yang diapit bukit dan bukitnya lumayan menjorok jauh kelaut.

Terasa kurang lengkap rasanya kalo kagak menikmati seafood disini, tapi sayang sejuta sayang kuliner ini tidak dikelola dengan baik, bahkan ane sempet tanya mengenai beberapa hidangan yang biasa-biasa aja seperti udang ato kepiting nggak ada, ini karena lokasi ini kurang ramai jadinya mereka pesimis kalo dagangannya bakalan laku, ane maklumin alasannya, dibo’ongin juga kagak tau.

Abis dari Pantai Ngrenehan geser dikit rada mengulon alias barat, mari meraba asiknya pantai Ngobaran. Ini beda lagi sensasinya, lokasinya persis disamping tebing. Pantainya kuicil buangets, tercipta dari belas kasihan tebing-tebing yang ambruk kelaut, dan perlu perjuangan keras menuruni tebing untuk menyalurkan hasrat ngicipin air laut Pantai Ngobaran. Jadi lebih amannya pantai ini hanya bisa dinikmati dari atas ato gunung, hem..ini namanya wisata bukit bukan wisata pantai.

Tapi yang maniak narsis, disini terdapat tempat sembahyangan kayak Pura ala Pantai Kuta di Bali, mirip gan, lumayan buat nipu temen, bilang aja abis wisata ke Bali gitu hehe, nggak ding, tar dosa gak jadi masuk surga.





Next geser dikit lagi ke barat, kita akan nemuin pantai Nguyahan, kali ini pantainya landai plus rada panjang, beda jauh ma Ngobaran atawa Ngrenehan. Berhubung banyak karang jadi bisa liat ikan-ikan kecil, lumayan asik, bening banget airnya. Kayaknya ini pantai masih virgin, dijamin bingung kalo kebelet pipis ato BAB. Untuk menuju kesinipun jalannya masih tersusun dari batu gamping, seru buat ngocok perut. Selain hal-hal yang ane sebutin diatas kayaknya udah nggak ada yang seru lagi dipantai ini, jadi mari kita pulang....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar