Senin, 28 Februari 2011

Pantai Parangtritis || September 2007

Parangtritis, tentu nama yang tidak asing ditelinga siapapun. Terletak di desa Parangtritis, Kabupaten Bantul sekitar 30 km arah selatan dari kota jogja. Rutenya sangat gampang, dijamin gak bakalan tersesat kalo gak keterlaluan begonya. Pokok’e kalo ketemu jalan parangtritis, tinggal ngikutin arah ngidul terus. Kalo mentok ya udah, brarti dah sampai. Jangan lupa masuknya bayar di TPR dulu, yang resmi lho, gak usah nego, ntar malah nambah dosa.
Lanjut boz.....
Obyek wisata Parangtritis semakin meriah dengan hadirnya pantai-pantai lain disekitarnya seperti Parangkusumo dan Depok yang terkenal dengan sea foodnya yang fresh. Pantai ini memiliki sejuta keindahan alam mulai dari hamparan pasir pantai yang sangat luas dan landai, ombak besar, pemandian air panas, dan pada musim hujan terdapat air sungai yang membelah pantai, airnyapun sangat jernih kecuali kalo didepannya ada kuda yang ikut mandi, lain lagi ceritanya, masih untung kalo cuman dipantatin, lha kalo kena ek..ek..nya. Oiya, kalian juga bisa pake dokar ato rental kuda buat menyusuri pantai kalo males jalan (..dasar pemalas..)




Selain keindahan alamnya, juga banyak event yang ada disini baik upacara tradisional labuhan Kraton Solo dan Jogja, lomba layang-layang dan masih banyak lagi. Tapi untuk event yang bukan tradisional biasanya tergantung musimnya, misalnya liburan ato hari-hari besar keagamaan.

Berhubung pantai ini bertaraf internasional, maka fasilitas yang disediakan oleh Pemda Bantul ini sangat komplit dan super lengkap. Banyak tempat kalo cuman buat habisin duit ato creditcard kiriman ortu kamu disini. So, kuatkan iman dan jangan mudah tergoda, kecuali kalo kepepet.
Pantai ini merupakan andalan dan memiliki kontribusi yang besar bagi Pemda setempat. Hampir setiap wisatawan nusantara yang berkunjung ke Jogja, selalu menempatkan daftar wisata Pantai Parangtritis sebagai menu utama. Apalagi pada musim liburan banyak bus-bus pariwisata yang lalu-lalang disepanjang jalan Parangtritis, ya mungkin karena emang ini jalan satu-satunya ke pantai.

Kadang kalo lagi beruntung kalian bisa liat turis lagi berjemur, tapi gak usah dipelototin ntar sampean malah nafsu. Ada satu mitos disini, yaitu kalian dilarang pake baju ijo karena katanya seh bisa di culik sama Ratu Kidul buat dijadikan pengikutnya. Katanya lagi laut akan seperti jalan raya, tanpa disadari kamu jalan disitu trus kelelep deh, trus game over. Bagi yang tidak percaya silahkan dicoba, gratis..tis, tanpa dipungut sepeserpun.

Yang jelas kalian gak bakalan nyesel berwisata ria disini, selain pantai dan deburan ombaknya sendiri yang cool abis, banyak tempat lain yang menarik disekitarnya. Ibaratnya pantai ini adalah supermaket alam, tinggal pilih trus bayar. Sedikit saran buat yang bawa pacar ato selingkuhan, siapkan uang receh karena banyak pengamen dan pengemis yang bergentayangan, gak mau kan didepan pacar dibilang pelit, dah jelek, pelit lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar