Senin, 28 Februari 2011

Kaliurang || Mei 2009

Kaliurang, sebuah tempat wisata yang menjadi primadona bagi kota Sleman. Ini merupakan sebuah hutan lindung dikawasan lereng Merapi dengan hawa yang sejuk. Kaliurang memiliki fasilitas yang komplit seperti taman bermain, panggung untuk berbagai event, dan juga banyak vila dan kamar buat nginep ato yang ada acara semacam reuni.

Berhubung lokasinya digunung, pastinya selama perjalanan dihadapkan dengan jalan yang berkelok dan menanjak. Tapi jangan kuatir, jalannya sangat mulus dan lebar. Kalo yang bawa pasangan rada lumayan enjoy, ada sedikit dek..dek..ser-nya. Tapi konsentrasi tetep nomor satu, lha kalo sampe nyungsep gimana tuh, sakitnya seh dipikir belakangan, tapi malunya itu lho. Ada yang agak aneh disini, biasanya kalo masuk tempat wisata terlebih dahulu membayar retribusi di TPR kemudian bebas menikmati. But disini tidak, kita mesti bayar retribusi lagi kalo masuk disetiap tempat wisata walaupun masih satu kawasan. Tapi ya okey lah, lagian gak mahal-mahal amat kok.

Lanjut mang...
Yang diusut disini adalah Taman Wisata Plawangan Turgo yang menjadi tempat paling favorit bagi wisatawan, bukan karena yang lain jelek lho. Buat kalian yang gak punya temen yang mau diajak jalan karena mungkin tau kalo sampean gak bermodal, jangan kuatir, kalian akan menemukan temen baru disini coz banyak kera-kera berkeliaran dengan liarnya. Sebuah pesan penting: hati-hati dengan barang bawaan, monkey disini sukanya menyerobot barang yang bukan miliknya alias ngutil. Ato jangan pernah mengganggunya karena biasanya monyet yang lain akan ikutan ngeroyok si-pengganggu. Jadi apabila diantara pembaca ada yang suka main keroyokan ketika sekolah, maka bisa dipastikan gak jauh beda monyet-monyet disini.
Setelah masuk ke Taman Wisata ini, apabila pada musim hujan akan ada air terjunnya, lumayan juga buat ambil gambar, tapi airnya dingin banget, dijamin pasti bikin mengkeret. Tapi volumenya kecil kok, jangan takut tenggelam dan jangan berharap juga kalo disini banyak udangnya coz tempat ini punya nama Kaliurang (sungai udang).


Masih mau denger critanya? lanjut lagi....
Episode selanjutnya adalah menyusuri jalan setapak menuju puncak taman ini. Dibutuhkan nyali dan stamina yang betul-betul fit untuk melakoninya. Bagi yang cengeng, mendingan urungkan saja niat ini karena kalo dah naik, cuman ada 1 tempat istirahat yaitu gardu pandang, itupun lokasinya dipuncak, Ada seh tempat istirahat yg laen cuman rada kurang terawat dan terkesan kumuh, maklum namanya juga dihutan. Tapi kalo berhasil sampe puncak, kelelahan dan perjuangan yang kau rasakan tadi akan sirna seketika coz view-nya bagus banget. Abis dari puncak ini sebaiknya cepet-cepet turun, tau sendirikan digunung tuh kayak apa, ujan bisa dateng tiba-tiba. Kalo sampe kehujanan takutnya dikirain ada gorila turun dari gunung, tentunya temen kamu yang malu karna  ntar juga dikirain pawangnya.

 Jangan lupa mencicipi makanan khas sini, sebuah nasi ketan dengan bentuk kotak-kotak diselingi tempe bacem. Kombinasi tersebut menghasilkan sebuah output dengan nama Jadah Tempe. Apabila disajikan ketika masih hangat dengan kondisi cuaca yang sedikit dingin dan selingi dengan pelukan sang kekasih, terasa kemepyar dimulut dan stamina pun fit kembali untuk melanjutkan perjalanan pulang.


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar