Senin, 27 Desember 2010

Bukit Nglanggeran || November 2010

Bukit Nglanggeran, do you know what is that? yang jelas ini bukan makanan yang mengenyangkan, tapi ini merupakan sebuah gunung berapi purba, dulu kala (duluuuu buanget) ini merupakan gunung berapi aktif, sama kaya merapi gitu, tapi nggak tinggi-tinggi amat, bisa didaki dengan tenaga minimalis alias kagak perlu strong ato berbody macho, cewek pun bisa naik ke puncak, kalo bencong ato lesbian kagak tau dah, lum pernah liat, pengen liat seh benernya kaya apa gitu hehe….

 Terletak di Kabupaten Gunung Kidul maka perjalanan ini pun lumayan menguras pikiran dan tenaga, gak tanggung-tanggung kondisi jalan bisa membuat sampean-sampean mules, gimana kagak jalan nggak ada yg datar, kalo gak naik ya turun, belok kanan dan kiri begitu seterusnya, lumayan buat agan-agan cowok yang boncengin ceweknya ndiri ato ceweknya temen ato selingkuhannya ato juga dapet dipinggir jalan. Jangan lupa maenin kopling sama rem depan biar maknyuss, tapi inget ini digunung, beberapa kondisi jalan mengenaskan, aspalnya pada ngaco, jadi mohon jangan terlalu ke’enakan kalo dengan situasi boncengan seperti yang ane ceritain diatas, bisa-bisa nyungsep tar, ini bukan nyungsep dikasur, tapi jurang, nggak usah dibayangin gimana rasanya.
Nyampe di TKP pemandangan bukit begitu mantap, tebing-tebingnya beda ma bukit-bukit yang pernah ane kunjung ditempat laen, ini bukit hampir seluruhnya dari batu dan kayak terbuat dari lelehan lahar, gampangannya mirip stalagtit ato stalagmite yg ada digoa-goa gitu, bener-bener eksotis dah, jos bener.
Buat yang berkantong cekak gak usah kuatir, retribusi disini cuma parkir doank, nggak perlu pake acara laen-laen yang make duit. Ada juga pendopo yang lumayan buat istirahat abis naek turun bukit, maksudnya bukit beneran, bukan bukitnya yang diboncengin..hehe, becanda.
Next kita naek, jangan bermimpi kalo disini ada tangga, lift, ato eskalator buat keatas, tapi bener-bener natural alias dari tanah dan batu, bisa dibayangin gimana kalo ujan coz tanah disini dari lempung, yang pasti bisa buat plorotan ala anak taman kanak-kanak, tapi kalo ini mendaratnya dijurang, lumayan seger.
Oiya ane ingetin sebelum naek mendingan bawa perlengkapan perut biar kalo ditengah jalan nggak ngaco tuh mulut, selama pendakian ane gak nemuin pedadang makanan ato minuman. Berhubung masih alami kebanyakan pengunjung adalah anak muda yang bergerombol sama mapala-mapala, nggak cocok banget buat wisata keluarga, kasian nenek kakek sampean, ato juga orang pacaran, belum acara pacaran dimulai udah lemes duluan, eman-eman tow tenaganya, mendingan buat bantu camer biar dapet restu macarin anaknya.
Tapi kalo udah nyampe diatas sampean-sampean pada gak bakalan nyesel, viewnya wuih..jos gandos, buat yang demen narsis backgroundnya top markotop, tebingnya bagai ukiran alam made in Gusti Allah, bawahnya juga bagus semacem perkampungan gitu, Berhubung ini didataran tinggi jangan heran kalo keterjang kabut, gak usah takut disini kabut cuman lewat, nggak ngetem kaya angkot, rada serem tapi seru, tar juga cerah lagi.
Udah selesai sodara-sodara? mari kita turun, kali ini sampean baru kerasa gimana paha-paha terasa pegal. Inget, meskipun dalam kondisi turun tetep hati-hati, jalanan licin dan tau ndirilah ya kalo tenaga udah terkuras biasanya konsentrasi juga berkurang, apalagi sana sini jurang sama tebing batu, tapi kalo mau nyoba itu jurang ma batu ya silahkan, ane nggak maksa, sukarela sifatnya.
Sekian gan cerita seputar Bukit Nglaggeran, silahkan keberita selanjutnya...
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar