Senin, 28 Februari 2011

Lava Tour || Juli 2007

 Lava Tour adalah tempat wisata dilereng Gunung Merapi yang merupakan jalur meluncurnya lahar, dibawahnya dikit ada rumahnya Mbah Maridjan, itu tuh juru kuncinya merapi. Sedikit flashback kebelakang bahwa dulunya tempat ini dinamakan Bebeng, tempat wisata paling dekat dengan puncak merapi di Jogja, sering pula sebagai jalur pendakian.
Dikarenakan pada tahun 2006 terdapat letusan kecil di Merapi yang menewaskan beberapa relawan, sehingga membuat tempat ini berubah total. Dari yang dulunya ijo roto-royo menjadi sebuah padang pasir tandus yang berhawa sejuk kering. Sejak saat itu banyak masyarakat yang penasaran melihat hasil letusan Merapi berupa lava sehingga tempat ini di sebut sebagai Lava Tour.
Perjalanan ke tempat ini sangat menegangkan, selain tanjakan dan belokan yang tajam, jalannyapun rada-rada kacau karena banyak aspal yang terkelupas. Jadi ya hati-hati saja plus konsentrasi penuh biar nggak nyemplung ke jurang, kalo punya mental tempe mendingan batalin aja ato motornya dituntun biar selamat sampai tujuan, yah paling-paling cuman dikatain banci.
Tapi asyiknya tuh, diperjalanan kita bisa melihat aktivitas warga lereng Merapi yang masih tradisional. Contone koyo nyari rumput, liat anak-anak kecil ke sekolah dengan naik turun bukit, penambangan pasir, dan yang pasti kanan-kiri jalan banyak pepohonan yang rindang dan asri yang bikin mata seger kayak abis nonton film BF, tapi kalo ini gak bikin lemes, masih tetep fresh, aman tanpa efek samping.
Di Lava Tour ini cucok banget buat bergaya di depan kamera ala selebritis ibu kota, tentunya dengan background Merapi yang lagi ngeluarin asep bul..bul, wuiiih keren banget coy. Bagi yang gak bawa kamera ato yang gak dapet pinjeman, disini juga banyak penjual souvenir about Merapi, kebanyakan ya foto seperti Merapi yang lagi mbledug dengan leleran lava merah menyala, sebuah pekerjaan Tuhan yang fantastic.
Apabila berada disini sebaiknya insting bener-bener dipake coz sapa tau tiba-tiba merapi batuk lagi. Kalo udah gitu gimana hayo, mau sembunyi dimana, lha wong bunkernya saja dah ketutup pasir.
Setelah eksperiment kesana-kemari, tempat ini didominasi muda-mudi yang lagi memadu kasih. Gak tau apa yang dilakuin, gak sempet ngintip. So..salah besar untuk jomblo-jomblo yang nyari pacar disini.

Nb: Jika dilihat dari tanggal postingan tentunya menu ini terlalu basi untuk diluncurkan, tapi ane merasa mubadzir aja kalo di diemin coz postingan ini dibuat sebelum Merapi meletus dasyat pada November 2010, yah anggap aja flashback gitu....
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar